Terduga Pelaku Narkoba Bantah Beri Upeti Polisi, Polsek Sukolilo: Kami Lepas Tidak Ada Dua Alat Bukti Untuk Menahan

"Terduga Tersangka Narkoba di Lepas Tidak ada Bukti untuk Menahannya, Memang Sempat Diamankan Polsek Sukolilo, Terduga Pelaku Narkoba Bantah Beri Upeti Petugas"

Jatim.TV || Surabaya, - Seorang warga Surabaya berinisial AI dikabarkan memberi upeti sebesar Rp 30 juta kepada petugas Polsek Sukolilo dengan tujuan agar terbebas dari jerat hukum dugaan penyalahgunaan narkotika.

Diketahui, AI diamankan oleh petugas Polsek Sukolilo pada Sabtu (22/06/2024) pagi. Ia lantas digelandang ke kantor Polsek Sukolilo untuk dimintai keterangan.

Dari hasil konfirmasi, AI membantah langsung kabar burung itu. Ia membenarkan bahwa ia sempat diamankan oleh petugas Polsek Sukolilo, namun karena tidak terbukti mengkonsumsi narkoba, ia pun diperbolehkan pulang di hari kedua sejak ia diamankan.

“Hasil tes urine saya negatif lalu juga ga ada bukti. Saya bebas bukan karena tebusan tapi memang saya tidak bersalah,” kata AI ditemui di kantor kuasa hukumnya, Jumat (28/06/2024).

AI mengatakan, ia memang didampingi oleh pengacara yang sudah ia kenal akrab. Ia pun menegaskan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun dalam dugaan kasus penyalahgunaan narkotika yang menjeratnya.

“Saya aja ga kasih uang ke pengacara saya apalagi ke polisi. Itu (pemberian upeti 30 juta) kabar bohong semuanya, saya merasa dirugikan atas informasi itu,” imbuh AI.

Sementara itu, Kuasa Hukum AI Firman Rachmanudin menjelaskan bahwa kliennya dahulu memang mengkonsumsi narkoba. Tapi, kliennya sudah berhenti sejak lama karena proses spiritual ingin menjadi manusia lebih baik. Firman mengakui bahwa petugas kepolisian sempat membawa botol, pipet dan sedotan untuk menjerat AI. Namun, Sejumlah alat yang ditemukan polisi itu merupakan alat lama. AI sendiri sudah lupa dengan keberadaan barang-barang itu.

"Saudara AI pernah mengkonsumsi narkotika untuk diri sendiri. Namun itu sudah lama dia berhenti sekitar 2-4 bulan lalu karena bertaubat. Kemarin waktu diamankan (hasil) urinenya di klinik Bhayangkara juga negatif,” kata Firman di kantornya FK Law Firm.

Firman mengatakan bahwa AI bisa bebas karena penyidik Polsek Sukolilo tidak menemukan setidaknya dua alat bukti yang cukup untuk membuat perkara tersebut sempurna dinaikkan dari proses penyelidikan ke penyidikan. Hal itu sesuai dengan pasal 109 (2) KUHAP bagian kedua yang berbunyi Dalam hal penyidik menghentikan penyidikan karena tidak terdapat cukup bukti atau peristiwa tersebut ternyata bukan merupakan tindak pidana atau penyidikan dihentikan demi hukum.

“Kami justru mengapresiasi petugas Polsek Sukolilo karena telah melaksanakan amanat undang-undang. Jadi tidak ada itu kita kasih upeti ke polisi. Klien saya bebas karena alat buktinya kurang,” tutur Firman.

Beritajatim.com lantas menghubungi Kanit Reskrim Polsek Sukolilo, Ipda Aan Dwi Satrio Yudho. Aan mengakui bahwa pihaknya membebaskan AI lantaran tidak mencukupi alat bukti. Hasil tes urinenya pun negatif.

“Jadi kami bekerja sudah sesuai dengan SOP dan amanat undang-undang. Memang terduga pelaku tidak bersalah ya harus dibebaskan. Masak tidak ada bukti lalu kami tahan ? Kan tidak masuk akal,” kata Aan saat dikonfirmasi.

Aan menjelaskan bahwa AI diperiksa selama sehari semalam dan dipulangkan pada hari kedua ia menginap di Polsek Sukolilo. Hal itu sudah tercantum di dalam pasal 76 UU Narkotika nomor 35 tahun 2009.

“Dalam pasal 76 (1) UU Narkotika Nomor 35 tahun 2009 itu upaya penangkapan dilakukan paling lama 3 kali 24 jam. Lalu pada pasal kedua berbunyi penangkapan bisa diperpanjang kembali hingga 3×24 jam. Berarti kan tidak ada yang kami langgar dalam penanganan kasusnya,” tutur Aan.

Atas adanya informasi pihaknya menerima upeti sebesar Rp 30 juta dari pihak keluarga AI, Aan mempersilahkan untuk langsung mengkonfirmasi kepada keluarga atau terduga pelaku. Ia memastikan tidak ada pemberian upeti atas bebasnya AI.

“Ga ada itu mas pemberian upeti. Bisa langsung cek saja ke keluarga atau terduga pelakunya. Kami akui memang alat buktinya kurang lengkap,” tutup Aan selaku Kanit Reskrim Polsek Sukolilo Jajaran Polrestabes Surabaya.


Penulis : red
Source: beritajatim.com  

COMMENTS

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee



Pengunjung Hari ini:


Nama

.POLRI,1,ADVERTORIAL,90,ARTICLE,447,bakti sosial,5,Berbagi,5,BERITA JATIM,454,Berita terkini,197,berita utama,167,COVID-19,34,CUITAN-KAMI,40,DAERAH,302,deklarasi,4,EKONOMI,24,ekonomi& bisnis,3,GAYA-HIDUP,1,HOBBY,2,HUKRIM,109,Hukum,21,INTERNASIONAL,7,islami,3,KESEHATAN,28,Kontroversi,1,korupsi,1,KPK,1,kuliner,2,LUNGGUH-BARENG,7,NASIONAL,202,OLAHRAGA,5,Pelayanan,1,PEMERINTAH,31,pemilu2024,7,Pendidikan,9,penghargaan,1,PERISTIWA,40,PESONA-JATIM,7,POLDA JATIM,15,POLISI,5,POLITIK,111,politisi,1,polri,42,PROFIL-TOKOH,14,regional,195,Regional Hukrim,2,RELIGI,23,SELEBRITIS,3,SENI-BUDAYA,14,sosial,7,STOP PERS,4,TERKINI,408,Timesindonesia,21,TIPS-TRICK,16,WANITA,2,
ltr
item
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini | Inisiatif, Kolaboratif, Inovatif dan Optimis: Terduga Pelaku Narkoba Bantah Beri Upeti Polisi, Polsek Sukolilo: Kami Lepas Tidak Ada Dua Alat Bukti Untuk Menahan
Terduga Pelaku Narkoba Bantah Beri Upeti Polisi, Polsek Sukolilo: Kami Lepas Tidak Ada Dua Alat Bukti Untuk Menahan
Polsek Sukolilo lepas pelaku narkoba, Terduga Pelaku Narkoba Bantah Beri Upeti Petugas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjenbH2LPBgrXiYjX9GwhWex5Tkopxjyle-iluoCWzG1QjSNLkirXfXzqNkomd_NJuxetBYXOO-b2cNULNlOKaXFbWS66vAPAXkBQa7in2rcbFBzsK0mSLnds7clpXJ4PKkSN-_svGD9KdsQsmyrr67IFGewWfriAvwxLizGgW4CrB9uNkGe5EPSfG2luo/s16000/IMG_20240628_173524_11zon.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjenbH2LPBgrXiYjX9GwhWex5Tkopxjyle-iluoCWzG1QjSNLkirXfXzqNkomd_NJuxetBYXOO-b2cNULNlOKaXFbWS66vAPAXkBQa7in2rcbFBzsK0mSLnds7clpXJ4PKkSN-_svGD9KdsQsmyrr67IFGewWfriAvwxLizGgW4CrB9uNkGe5EPSfG2luo/s72-c/IMG_20240628_173524_11zon.jpg
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini | Inisiatif, Kolaboratif, Inovatif dan Optimis
https://www.jatim.tv/2024/06/terduga-pelaku-narkoba-bantah-beri.html
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/2024/06/terduga-pelaku-narkoba-bantah-beri.html
true
1043670199513823692
UTF-8
buka semua Video Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya Balas Batal di balas Hapus By Home PAGES POSTS View All VIDEO TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy