Presiden RI 2024 ? Mana Pilihanmu

Narapidana tewas 'dimakan serangga dan kutu kasur hidup-hidup' di penjara AS, kata pihak keluarga

 Napi 'dimakan hidup-hidup' oleh serangga dan kutu kasur di penjara AS, kata pihak keluarga

Seorang narapidana yang meninggal dunia di sel penjara Atlanta, Amerika Serikat, "dimakan hidup-hidup oleh serangga dan kutu kasur", kata pengacara keluarganya.

Jatim.TV - Lashawn Thompson dijebloskan ke bagian khusus di Penjara Fulton County setelah para pejabat lembaga pemasyarakatan menilai Thompson mengalami gangguan jiwa.

Michael D Harper, selaku pengacara keluarga Thompson, merilis sejumlah foto yang menunjukkan tubuh Thompson mengalami gigitan serangga.

Harper menyeru agar pemerintah menggelar penyelidikan pidana dan mengatakan kepada media bahwa dirinya tengah menyiapkan gugatan hukum.

"Thompson ditemukan meninggal di sel penjara yang kotor setelah dimakan hidup-hidup oleh serangga dan kutu kasur. Sel yang digunakan untuk menempatkan Thompson tidak layak bahkan untuk hewan yang sakit. Dia tidak layak menerima perlakuan seperti ini," papar Harper dalam sebuah pernyataan.

Menurut laporan pemeriksaan medis Fulton County, Thompson ditemukan dalam keadaan tidak sadar di sel penjaranya pada 19 September 2022, tiga bulan setelah ditangkap. Thompson dinyatakan meninggal dunia setelah polisi setempat dan staf medis berupaya memacu jantungnya, sebagaimana dilaporkan harian USA Today.

Harper mengatakan, merujuk catatan penjara, bahwa para sipir dan staf medis mengetahui kondisi Thompson melemah, namun mereka tidak memberi bantuan apapun untuknya, seperti dilaporkan CBS News, mitra BBC di AS.

Laporan pemeriksaan medis menyebutkan bahwa terjadi "penyebaran kutu kasur yang parah" di sel Thompson, tapi tidak ada tanda-tanda tubuh Thompson mengalami trauma.

Laporan itu menggolongkan penyebab kematian belum bisa dipastikan.

Apakah kutu kasur bisa mematikan?

Sejumlah foto yang dirilis pengacara Michael D Harper memberikan gambaran mengerikan mengenai kondisi Thompson. Tubuh dan dadanya tampak ditutupi kutu.

Situasi sel penjara sebagaimana tampak dalam foto-foto tersebut "mengerikan", kata Michael Potter, ahli serangga dari Universitas Kentucky yang khusus meneliti kutu kasur.

"Saya sudah berurusan dengan kutu kasur lebih dari 20 tahun. Saya belum pernah menyaksikan yang sampai ke taraf ini, jika ini memang fakta yang saya saksikan," tutur Potter kepada BBC.

Menurut Potter, gigitan kutu kasur biasanya tidak mematikan. Namun, dalam kasus-kasus langka, paparan jangka panjang terhadap kutu kasur secara masif bisa menyebabkan anemia akut—yang dapat mematikan jika tidak ditangani.

"Kutu kasur meminum darah dan kutu kasur dalam jumlah sangat banyak meminum darah yang sangat banyak pula," jelas Potter.

Dalam kasus-kasus ekstrem, menurut Potter, korban bisa mengalami reaksi alergi dan kejang-kejang, yang juga dapat mematikan.

Penyelidikan digelar

"Bukan rahasia bahwa kondisi fasilitas yang kumuh dan memburuk, secara cepat membuat luar biasa sulit untuk memenuhi lingkungan yang sehat, bersih, dan rapi, terjaga untuk semua tahanan dan staf," papar kantor Sheriff Fulton County dalam pernyataan resmi.

Kantor yang mengelola penjara tersebut telah menggelar penyelidikan penuh terhadap situasi seputar kematian Thompson. Lebih lanjut, tambah pernyataan resmi itu, kantor Sheriff telah menggelontorkan US$500.000 (Rp7,4 miliar) untuk "menangani penyebaran kutu kasur, kutu rambut, dan serangga lainnya di Penjara Fulton County."

Penjara itu juga memperbarui "protokol bagi pengawasan yang mencakup kondisi kebersihan", menurut pernyataan resmi.

Ditambahkan, "Investigasi yang sedang berlangsung tengah memeriksa rincian-rincian terkait penanganan medis yang pada akhirnya akan menentukan apakah gugatan pidana patut dilayangkan dalam kasus ini".

Kantor Sheriff juga menegaskan perlunya pembangunan penjara baru yang lebih besar untuk "memberikan perawatan tingkat elite, layanan kesehatan mental, keamanan, dan kebersihan."

Para komisioner Fulton County sedang mengkaji rencana penjara baru guna menggantikan fasilitas yang ada saat ini lantaran telah lama menyandang reputasi kelebihan kapasitas, kurang pendanaan, dan tidak bersih.

Tahun lalu, lembaga the Southern Center for Human Rights merilis laporan berjudul Wabah Kutu Menyebabkan Penghuni Penjara Fulton Kurang Gizi. Dalam laporan itu, dipaparkan sejumlah permasalahan di penjara tersebut dan rekomendasi untuk "membendung wabah di masa depan" serta meningkatkan "praktik kebersihan".


Penulis : red
Source: BBC Indonesia

COMMENTS

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee



Pengunjung Hari ini:


Nama

ADVERTORIAL,79,ARTICLE,423,bakti sosial,4,Berbagi,3,BERITA JATIM,433,Berita terkini,78,berita utama,49,COVID-19,34,CUITAN-KAMI,36,DAERAH,291,deklarasi,2,EKONOMI,24,ekonomi& bisnis,1,GAYA-HIDUP,1,HOBBY,2,HUKRIM,84,Hukum,21,INTERNASIONAL,6,islami,2,KESEHATAN,28,Kontroversi,1,korupsi,1,KPK,1,kuliner,2,LUNGGUH-BARENG,7,NASIONAL,115,OLAHRAGA,3,Pelayanan,1,PEMERINTAH,28,pemilu2024,7,Pendidikan,9,penghargaan,1,PERISTIWA,39,PESONA-JATIM,7,POLDA JATIM,14,POLISI,3,POLITIK,107,politisi,1,polri,31,PROFIL-TOKOH,14,regional,79,Regional Hukrim,1,RELIGI,21,SELEBRITIS,3,SENI-BUDAYA,13,sosial,4,STOP PERS,4,TERKINI,393,Timesindonesia,21,TIPS-TRICK,16,WANITA,2,
ltr
item
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini | Inisiatif, Kolaboratif, Inovatif dan Optimis: Narapidana tewas 'dimakan serangga dan kutu kasur hidup-hidup' di penjara AS, kata pihak keluarga
Narapidana tewas 'dimakan serangga dan kutu kasur hidup-hidup' di penjara AS, kata pihak keluarga
Narapidana tewas 'dimakan serangga dan kutu kasur hidup-hidup' di penjara AS, kata pihak keluarga
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVDhMgghZ6axmsLUwjaWys_rcQ2zrVc2bnU5egvG9g_cX4OcL6OIjsSgrhNd0l3XhSKD6SggpSu2bsr1orPJHyJK8mdeXeGdBkf3E1ZFQ5hdKefFAISxaPAD27Bzcqfbjq32X5QjPXHfM0D9mo9oGs2faW9uuCfD0kqEB-r99jfPlWG4BXUWDVjm0alw/s16000/Napi%20'dimakan%20hidup-hidup'%20oleh%20serangga%20dan%20kutu%20kasur%20di%20penjara%20AS,%20kata%20pihak%20keluarga.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVDhMgghZ6axmsLUwjaWys_rcQ2zrVc2bnU5egvG9g_cX4OcL6OIjsSgrhNd0l3XhSKD6SggpSu2bsr1orPJHyJK8mdeXeGdBkf3E1ZFQ5hdKefFAISxaPAD27Bzcqfbjq32X5QjPXHfM0D9mo9oGs2faW9uuCfD0kqEB-r99jfPlWG4BXUWDVjm0alw/s72-c/Napi%20'dimakan%20hidup-hidup'%20oleh%20serangga%20dan%20kutu%20kasur%20di%20penjara%20AS,%20kata%20pihak%20keluarga.png
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini | Inisiatif, Kolaboratif, Inovatif dan Optimis
https://www.jatim.tv/2023/04/narapidana-tewas-dimakan-serangga-dan.html
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/2023/04/narapidana-tewas-dimakan-serangga-dan.html
true
1043670199513823692
UTF-8
buka semua Video Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya Balas Batal di balas Hapus By Home PAGES POSTS View All VIDEO TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy