Pakar Ekonomi Unair: Neobank dan Fintech Tidak Bisa Gantikan Bank Konvensional

Jatim .TV || Surabaya - Proses digitalisasi ekonomi saat ini mengalami perkembangan yang semakin masif. Perkembangan digitalisasi ekonomi dipicu oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat serta pergeseran pola interaksi ekonomi. Hal tersebut menciptakan ekosistem yang kuat bagi berkembangnya neo bank.


Ekonom Unair Dr. Wisnu Wibowo SE., M.Si menuturkan bahwa neobank atau dikenal sebagai challenger bank merupakan sebuah wujud terobosan inovasi dalam teknologi keuangan yang menawarkan jasa perbankan yang berbasis digital (branchless). Menurutnya, bank tersebut tidak memiliki bentuk fisik sebagaimana layanan bank pada umumnya, tetapi neo bank hadir sepenuhnya secara online.


“Sesuai dengan karakteristik bisnis tersebut, neo bank menyasar kepada nasabah yang tech-savvy atau paham dan fasih dalam teknologi, yang tidak keberatan melakukan sebagian besar pengelolaan keuangan mereka melalui aplikasi seluler,” tuturnya, di Surabaya, Kamis(06/01/2022)


Merujuk pada laporan McKinsey, konsumen Indonesia sangat terbuka terhadap perbankan digital. Prospek digital bank di Indonesia sangat menjanjikan. Disebutkan bahwa penggunaan bulanan perbankan digital di Indonesia telah tumbuh dua kali lebih cepat dari pada negara berkembang Asia yang lainnya.


“Hal ini juga ditunjang oleh beberapa kelebihan bank digital dibanding bank konvensional,” ungkapnya.

Wakil Dekan I FEB Unair itu menyebutkan bahwa selain memiliki karakteristik user-friendliness, neo bank juga memiliki kelebihan dalam fitur yang membuatnya menjadi bagian dari lifestyle pelanggan. Kehadiran neo bank jelas akan memengaruhi kelompok nasabah milenial dan kelompok lain yang memiliki kedekatan dengan penggunaan smartphone.

Tak Bisa Sepenuhnya Gantikan Bank Konvensional


Meskipun demikian, neobank dan financial technology (fintech) tidak akan dengan serta merta akan menggantikan bank konvensional. Keputusan seseorang untuk mengambil produk finansial juga akan sangat dipengaruhi oleh faktor kepercayaan dan juga keamanan.


“Semakin besar dan semakin dikenal sebuah institusi keuangan akan memengaruhi tingkat kepercayaan


Tidak bisa dipungkiri bahwa aspek perlindungan konsumen dari kemungkinan terjadinya risiko yang muncul dari aktivitas neo bank. Kondisi yang paling mungkin adalah antara bank konvensional yang mampu berinovasi dan beradaptasi atau neobank akan hidup berdampingan sekaligus berkompetisi dalam memberikan produk dan layanan keuangan kepada masyarakat.


“Kondisi seperti ini jelas akan menguntungkan bagi masyarakat karena akan memperoleh layanan keuangan yang semakin efisien dan bernilai sebagai dampak terjadinya persaingan yang semakin menarik diantara retail banking,” ungkapnya.

Strategi Bank Konvensional


Chief Regional Economist Bank BNI itu menuturkan bahwa dalam menghadapi persaingan yang ketat dengan neo bank dan fintech, bank konvensional harus mengambil inisiatif untuk memperkuat produk dan layanan digital.  Transformasi ke bank digital membutuhkan modal yang besar, maka sangat didorong agar industri perbankan konvensional untuk melakukan konsolidasi usaha.


“Oleh karena itu perlu bagi bank kecil dan menengah untuk melakukan merger dan akuisisi guna memperkuat struktur modal sehingga secara agile dapat beradaptasi dengan tantangan dan kebutuhan digitalisasi keuangan,” ungkapnya.


Inovasi dalam layanan keuangan menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi bagi keberlangsungan bisnis bank konvensional. Kemampuan dalam memanfaatkan teknologi keuangan dalam memberikan layanan keuangan yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara cepat, aman sehingga  menjadikannya sebagai bagian dari lifestyle.


“Bank konvensional bersama neobank dan fintech dapat berkolaborasi untuk membantu revolusi digital keuangan dengan menggarap potensi pasar digital bank yang sangat besar melalui kerjasama yang saling menguntungkan,” pungkasnya. (Pai)

COMMENTS

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee



Pengunjung Hari ini:


Nama

ADVERTORIAL,80,ARTICLE,425,bakti sosial,4,Berbagi,3,BERITA JATIM,435,Berita terkini,83,berita utama,54,COVID-19,34,CUITAN-KAMI,36,DAERAH,292,deklarasi,2,EKONOMI,24,ekonomi& bisnis,1,GAYA-HIDUP,1,HOBBY,2,HUKRIM,86,Hukum,21,INTERNASIONAL,6,islami,2,KESEHATAN,28,Kontroversi,1,korupsi,1,KPK,1,kuliner,2,LUNGGUH-BARENG,7,NASIONAL,115,OLAHRAGA,3,Pelayanan,1,PEMERINTAH,28,pemilu2024,7,Pendidikan,9,penghargaan,1,PERISTIWA,39,PESONA-JATIM,7,POLDA JATIM,14,POLISI,4,POLITIK,107,politisi,1,polri,32,PROFIL-TOKOH,14,regional,84,Regional Hukrim,1,RELIGI,21,SELEBRITIS,3,SENI-BUDAYA,13,sosial,4,STOP PERS,4,TERKINI,395,Timesindonesia,21,TIPS-TRICK,16,WANITA,2,
ltr
item
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini | Inisiatif, Kolaboratif, Inovatif dan Optimis: Pakar Ekonomi Unair: Neobank dan Fintech Tidak Bisa Gantikan Bank Konvensional
Pakar Ekonomi Unair: Neobank dan Fintech Tidak Bisa Gantikan Bank Konvensional
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhJOfs3f27m8Nt18Vga8Th0ywzW81HqyavyHL5DWP3aEeh3QB96bI5EuM7FULNEDtItqhZOfLT5QnB5ZRjtYTQWjf8p89wnm_V60sk3kXPf10Ks_-hNRqZN_zS7Zf9Ix0eKh2gSoRmdlmCINMz_iELKtInuvyXuuTync2v7L7dW1VugbT8NrS1EsjES=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhJOfs3f27m8Nt18Vga8Th0ywzW81HqyavyHL5DWP3aEeh3QB96bI5EuM7FULNEDtItqhZOfLT5QnB5ZRjtYTQWjf8p89wnm_V60sk3kXPf10Ks_-hNRqZN_zS7Zf9Ix0eKh2gSoRmdlmCINMz_iELKtInuvyXuuTync2v7L7dW1VugbT8NrS1EsjES=s72-c
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini | Inisiatif, Kolaboratif, Inovatif dan Optimis
https://www.jatim.tv/2022/01/pakar-ekonomi-unair-neobank-dan-fintech.html
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/2022/01/pakar-ekonomi-unair-neobank-dan-fintech.html
true
1043670199513823692
UTF-8
buka semua Video Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya Balas Batal di balas Hapus By Home PAGES POSTS View All VIDEO TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy