Pengabdian Masyarakat Unair, Bangkitan Usaha Dengan Pembuatan Website Desa

Jatim.TV || Surabaya - Departemen komunikasi FISIP Unair kembali melakukan orientasi pengabdian masyarakat secara online kepada warga Soket Laok, Bangkalan, Madura. Kali ini pengmas yang akan dilakukan menginisiasi tentang pengembangan desa melalui produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan memanfaatkan sumber daya alam yang potensial di desa tersebut dan pembuatan website desa.

Orientasi tersebut dihadiri oleh tim pengmas yang terdiri dari Dr. Santi Isnaini, S.Sos., M.M, Igak Satrya Wibawa S.Sos., MCA., Ph.D, Dina Septiani, Ph.D, developer website, perangkat desa, dan juga beberapa mahasiswa FISIP tingkat II.

Dr. Santi Isnaini, S.Sos., M.M selaku ketua pelaksana pengmas mengatakan bahwa timnya akan mengambil tema pemberdayaan ekonomi pada petani mete di desa tersebut. Pemberdayaan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan dan mengembangkan jiwa wirausaha masyarakat desa pada umumnya, serta petani mete Desa Soket Laok pada khususnya.

“Tema khusus kami pada tahun ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari yang tahun kemarin, tahun ini kita berfokus pada pelatihan branding bagi masyarakat desa,” ucapnya yang akrab dipanggil Santi itu, Jumat(16/7/2021).

Lebih lanjut, Igak Satrya Wibawa S.Sos., MCA., Ph.D, menjelaskan bahwa tim pengmas akan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dengan membuat website Desa Soket Laok,  pelatihan administrator website, pelatihan pembuatan video kemasan dan merek, serta melakukan pendaftaran merek dan perizinan usaha pada produk yang telah dihasilkan. Tidak hanya itu, masyarakat desa juga akan diajarkan mengenai SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan rating website.

“Pembuatan website ini diharapkan dapat lebih meningkatkan perekonomian desa serta mengoptimalkan pengajaran yang tahun sebelumnya kita hanya melakukan pelatihan menggunakan grup whatsapp dan youtube,” tandasnya yang akrab dipanggil Igak itu.

Fitur-fitur yang akan ada pada website, lanjut Igak, meliputi video pelatihan cara pengolahan produk, membuat label dan kemasan, sampai menjadi produk jadi yang siap untuk dipasarkan. Kemudian, juga dapat ditambahkan informasi demografi desa, pimpinan desa, berita terkini, dan juga produk-produk UMKM yang telah dihasilkan.

“Ini sangat cocok ya pada masa pandemi seperti ini, jadi kalau ada orang ingin beli produk desa, langsung mampir saja ke website, jadi tanpa e-commerce,” sambungnya.

Pengmas yang dikemas secara online ini diharapkan dapat memberdayakan ekonomi desa serta mengembangkan jiwa kewirausahaan masyarakat desa soket laok.

Kemudian masyarakat desa juga diharapkan dapat menyebarkan ilmu yang telah dipelajari untuk kemakmuran desa soket laok “Semoga koordinasi ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan suatu hasil yang produktif,” tutup Santi. (Pai)

COMMENTS

Baca Lainnya :

toko online zeirshopee



Pengunjung Hari ini:


Nama

ADVERTORIAL,80,ARTICLE,425,bakti sosial,4,Berbagi,3,BERITA JATIM,435,Berita terkini,80,berita utama,51,COVID-19,34,CUITAN-KAMI,36,DAERAH,292,deklarasi,2,EKONOMI,24,ekonomi& bisnis,1,GAYA-HIDUP,1,HOBBY,2,HUKRIM,85,Hukum,21,INTERNASIONAL,6,islami,2,KESEHATAN,28,Kontroversi,1,korupsi,1,KPK,1,kuliner,2,LUNGGUH-BARENG,7,NASIONAL,115,OLAHRAGA,3,Pelayanan,1,PEMERINTAH,28,pemilu2024,7,Pendidikan,9,penghargaan,1,PERISTIWA,39,PESONA-JATIM,7,POLDA JATIM,14,POLISI,4,POLITIK,107,politisi,1,polri,31,PROFIL-TOKOH,14,regional,81,Regional Hukrim,1,RELIGI,21,SELEBRITIS,3,SENI-BUDAYA,13,sosial,4,STOP PERS,4,TERKINI,395,Timesindonesia,21,TIPS-TRICK,16,WANITA,2,
ltr
item
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini | Inisiatif, Kolaboratif, Inovatif dan Optimis: Pengabdian Masyarakat Unair, Bangkitan Usaha Dengan Pembuatan Website Desa
Pengabdian Masyarakat Unair, Bangkitan Usaha Dengan Pembuatan Website Desa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgr9g4eqDEfqEh_ecN5_3Eg-VUXiRXraXqtY9rMsOat-Ss5RgYheka-AgfivI_5PHO0dLOh9IJDfstW2IXE9houUMDYgJAQE2OmZalDXu5LMapvfMIwaGw24OTlxrQtgqLRzCM4zIe3uwY/s320/IMG-20210717-WA0142.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgr9g4eqDEfqEh_ecN5_3Eg-VUXiRXraXqtY9rMsOat-Ss5RgYheka-AgfivI_5PHO0dLOh9IJDfstW2IXE9houUMDYgJAQE2OmZalDXu5LMapvfMIwaGw24OTlxrQtgqLRzCM4zIe3uwY/s72-c/IMG-20210717-WA0142.jpg
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini | Inisiatif, Kolaboratif, Inovatif dan Optimis
https://www.jatim.tv/2021/07/pengabdian-masyarakat-unair-bangkitan.html
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/2021/07/pengabdian-masyarakat-unair-bangkitan.html
true
1043670199513823692
UTF-8
buka semua Video Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya Balas Batal di balas Hapus By Home PAGES POSTS View All VIDEO TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy