Dinkes Jatim Beri Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Jatim.TV || Surabaya - Saat ini menjaga daya tahan tubuh menjadi perhatian utama di tengah situasi pandemi covid-19. Terutama bagi pekerja di sektor esensial, dan tidak bisa bekerja dari rumah. Daya tahan tubuh yang kuat akan membantu menjalankan kegiatan harian.

Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Wahyuti, Kamis (15/7/2021) mengatakan, yang paling sederhana adalah dengan tetap menerapkan 3 M pasti (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan/memakai hand sanitizer). Hal ini kemudian ditambah dengan menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan tidak makan bareng.

Selain itu agar meningkatkan imun  dengan minum vitamin C. dan suplemen yang lain, makan sayur dan buah-buahan.

"Makan makanan gizi seimbang memang penting, tetapi lebih penting lagi untuk makan dengan teratur. Yaitu makan sesuai dengan jadwal," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, makanan dan suplemen saja tidak cukup. Berolahraga minimal tiga kali dalam satu minggu, sangat penting. Jenis olahraga yang bisa dilakukan beragam, tidak harus ke pusat kebugaran atau ke luar rumah. Menurut World Health Organization (WHO), berolahraga teratur bisa memperbaiki daya tahan tubuh, meredakan peradangan, dan mengurangi risiko penyakit berat.

Hal ini karena sel kekebalan tubuh yang biasanya berkumpul pada organ limfoid akan beredar ke seluruh tubuh saat otot-otot berkontraksi."Jadi, kebiasaan berolahraga sangat penting di tengah pandemi," tambahnya.

Tips selanjutnya adalah menjaga kesehatan mental dengan berpikir positif. Depresi atau stres bisa membuat lebih rentan terhadap penyakit. Hal ini karena hormon stres kortisol bisa mengganggu kekebalan tubuh. Ketika stres atau depresi, tubuh akan merespons secara fisik. Kerja dari organ seperti otak dan jantung bisa terganggu. Stres berkepanjangan juga membuat seseorang lebih rentan terhadap flu.

"Oleh karenanya, kita harus berusaha menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan melakukan hobi yang positif seperti berkebun, menulis jurnal, bernyanyi, dan lain sebagainya," ujarnya.

Menurutnya, untuk sementara lebih banyak waktu di rumah saja sangat penting untuk menjaga terpaparnya covid. Dengan  istirahat yang cukup bisa menjaga tubuh tetap sehat.

"Terlalu banyak bekerja dan terlalu banyak istirahat bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karenanya, istirahat yang cukup merupakan cara terbaik untuk tetap sehat," kata Wahyuti. (Pai)

COMMENTS




Pengunjung Hari ini:


Nama

ADVERTORIAL,21,ARTICLE,53,BERITA JATIM,146,COVID-19,25,CUITAN-KAMI,4,DAERAH,46,KESEHATAN,19,LUNGGUH-BARENG,5,NASIONAL,27,PERISTIWA,20,PESONA-JATIM,3,POLITIK,2,PROFIL-TOKOH,11,RELIGI,2,SENI-BUDAYA,5,STOP PERS,2,TERKINI,171,TIPS-TRICK,5,WANITA,1,
ltr
item
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini dari Jawa Timur: Dinkes Jatim Beri Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi
Dinkes Jatim Beri Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi
https://1.bp.blogspot.com/-DR2Qk7IfQrM/YPCLk23rq9I/AAAAAAAAlwo/we6ToYgtDRIr4xst_rm9iKMHuqDVxzhjQCNcBGAsYHQ/s320/IMG-20210715-WA0472.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DR2Qk7IfQrM/YPCLk23rq9I/AAAAAAAAlwo/we6ToYgtDRIr4xst_rm9iKMHuqDVxzhjQCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210715-WA0472.jpg
Jatim.TV - Situs TV Online dan Berita Terkini dari Jawa Timur
https://www.jatim.tv/2021/07/dinkes-jatim-beri-tips-jaga-daya-tahan.html
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/
https://www.jatim.tv/2021/07/dinkes-jatim-beri-tips-jaga-daya-tahan.html
true
1043670199513823692
UTF-8
buka semua Video Tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya Balas Batal di balas Hapus By Home PAGES POSTS View All VIDEO TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy